Stagustaf

Life's like a multiple choice question, sometimes the choices confuse you, not the question itself

Small action brings huge impact for others – @Shaveforhope

Image

Sebuah aksi sosial yang unik untuk pertama kalinya diadakan di Indonesia. Shave for Hope, demikian nama acara tersebut, terselenggara di sebuah mal di kawasan Jakarta Selatan, 27 Mei, tahun lalu.

E-Flyer

“@Shaveforhope adalah sebuah movement oleh para Social Angels yang ingin membantu, melakukan sesuatu untuk sesama, terutama anak-anak yg terkena kanker. Mereka merelakan dan mengikhlaskan rambutnya untuk di-donasikan, lalu dihargai lewat uang oleh para donatur dan dikumpulkan bersama untuk membantu adik-adik kanker yang bernaung dibawah asuhan Yayasan Pita Kuning Anak Indonesia (Community for Children With Cancer)”

IMG_2477

Karena kebetulan saya juga menjadi salah satu pengurus dan relawan di yayasan tersebut dan penanggung jawab di @eviopro, saya mencoba untuk men-sinergikan seluruh kekuatan bersama untuk melakukan sesuatu yang bermanfaat bagi sesama dan alhamdulillah, hasilnya sangat luar biasa.

Terima kasih Social Angels yang berhati mulia. Terima kasih juga untuk para donatur sudah menyisihkan sedikit bagian-nya, terima kasih untuk semua yg sudah terlibat bersama, bahu-membahu menjalankan misi ini. Countless how many people who were involved in mind, energy and spirit.   IMG_2547IMG_2852

IMG_2525IMG_2392

IMG_2592

Shave for Hope adalah sebuah aksi sosial yang memiliki misi menggalang dana sekaligus mewujudkan dukungan psikososial bagi anak-anak penderita kanker di Indonesia. Acara ini pun memiliki tujuan menggugah serta meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia secara luas terhadap penyakit kanker.

Sama halnya dengan aksi sosial Shave for Hope yang terselenggara di luar negeri, Shave for Hope di Indonesia berwujud aksi potong rambut para shavees (sebutan bagi partisipan). Para pria dicukur habis, sedang perempuan dipotong minimal 10 cm di atas bahu.

Tak hanya partisipan yang dicukur rambutnya, masyarakat yang menyaksikan aksi itu dan ikut tergugah akan misi sosial itu pun bisa menjadi relawan. Nilai aksi mencukur dan memotong rambut itu sebanding dengan seratus ribu rupiah. Uang itu kemudian didonasikan kepada anak-anak pengidap kanker.

Image

Shave for Hope diselenggarakan oleh Evio Productions / http://www.evioproductions.com (sebuah event organizer dan activation agency) yang bekerja sama dengan Asian Medical Student Association (AMSA) serta didukung Yayasan Pita Kuning Anak Indonesia atau Community of Children with Cancer (YPKAI-C3).

Acara ini memang untuk penggalangan dana, dan dana tersebut akan diberikan untuk Yayasan Kanker Anak,”  Evio Productions, AMSA, dan YPKAI-C3 membuat Shave for Hope yang pertama kali terselenggara di Indonesia.

Mengapa kita melakukan aksi sosial seperti memotong atau mencukur rambut hingga botak? Ya karena ini bertujuan memberikan semangat kepada pengidap kanker yang mengalami kerontokan dan kehilangan rambut akibat kemoterapi,

Target awal dari pihak penyelenggara Shave for Hope ialah sekitar 1.000 shavees bakal dicukur rambutnya. Namun, ternyata para shavees yang tertarik berpartisipasi, berdasarkan pendaftaran pada Shaveforhope.com, mencapai 1.400 orang, melebihi target awal.

Dalam tugas pencukuran rambut shavees, pihak Johnny Andrean Salon ikut berpartisipasi dan mendukung sebagai wujud program Corporate Social Responsibility (CSR) mereka.

Ada dua misi yang hendak disampaikan acara ini. Pertama, ingin menyebarluaskan informasi tentang kanker anak, dan yang kedua, ingin membantu mengurangi beban keluarga yang tidak mampu untuk mengobati anaknya yang terkena kanker,

Berdasar data terakhir (28/5) dari akun Shave for Hope pada jejaring sosial Twitter, aksi mereka secara total berhasil mencukur rambut 1.064 shavees dengan total donasi 835.319.179 rupiah plus 300 dollar AS. Jumlah yang lumayan besar terkumpul hanya dari satu acara ini. Seminggu setelah acara selesai, donasi masih bergulir, sehingga @eviopro mencatat total akumulasi donasi mencapai kurang lebih 1,1 Milyar rupiah.

Image

Catatkan Rekor
Shave for Hope merupakan acara sosial penggalangan uang untuk amal melalui cukur rambut yang terinspirasi dari ajang serupa yang sukses di negara-negara seperti Amerika Serikat, Australia, dan Singapura.

Banyak cara untuk menarik minat relawan, partisipan, serta donatur untuk acara ini. Selain memberikan hiburan berupa pementasan musik, salah satu upaya yang menarik dan dilaksanakan di Indonesia ialah menggandeng ajang ini dengan upaya pencatatan rekor.

IMG_2905

Dalam Shave for Hope ini, Museum Rekor Indonesia (MURI) berhasil mencatatkan rekor untuk donasi rambut termahal bagi shavees Bapak Agus Gunawan dari Young Presidents Organization. Donasi beliau tercatat 427 juta rupiah dan 300 ribu dollar AS. Beliau merelakan kepalanya menjadi botak walau dalam keseharian ia amat peduli pada tatanan rambutnya.

Antusiasme berdonasi dalam aksi sosial Shave for Hope ditunjukkan dua individu luar biasa ini, yakni seorang bocah berumur 7 tahun bernama Keo Akili dan Cecilia Putty Vickend (Alm), seorang wirausaha muda.

Saking semangatnya, Keo bahkan membujuk babysitter-nya untuk berpartisipasi. Ternyata, upayanya tak sia-sia. Keo mampu mengumpulkan donasi uang 200 juta rupiah!

Lain halnya dengan Cecilia. Cecilia bertekad mendukung adik-adik pengidap kanker dengan cara yang unik. Ia bersama dengan teman-temannya membuat program menjual sepatu bermerek Junkiee. Satu pasang sepatu yang berhasil terjual akan mendapat uang empat ribu rupiah. Dari usahanya itu, Cecilia bersama teman-temannya berhasil mengumpulkan donasi empat juta rupiah.

Rencana di tahun 2013 ini Shave for Hope akan di selenggarakan lagi, Seperti Tagline event charity ini.

“Berani cukur rambut buat kanker anak?”

Small action, huge impact for others…

Bersiaplah, @shaveforhope akan hadir lagi tahun ini, tunggu tanggal main-nya, follow aja twitter @eviopro @shaveforhope untuk keterangan lebih lanjut.

Steny Agustaf

steny_agustaf@yahoo.com

Single Post Navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: