Stagustaf

Life's like a multiple choice question, sometimes the choices confuse you, not the question itself

Pria dan Memori mobil pertama-nya

Si Doel

Lagi inget mobil pertama yg gue beli, Daihatsu Charade 1980, dibeli 6,2 juta thn 95 setahun ngajar di LIA Pengadegan saat kuliah dulu. Namanya Si Doel, dibeli dari showroom mobil bekas punya orang arab di kalibata. Mencoba mengingat Beberapa fakta tentang Si Doel:

1. Mesin tipe 100/600. 100 meter jalan, 600 meter berikutnya mogok.

2. Jendela Power Window alias Window by power, krn handle patah separoh, jadi ngengkol-nya bikin tangan gede sebelah.

3. Rem semi otomatis, kadang berenti, kadang enggak. Kalo lagi ngambek karet rem-nya, terpaksa dikocok pake kaki 3-4 kali dulu, baru berenti.

4. Sering ditanya2 polisi krn di STNK putih, tapi warna asli kecoklatam karena kotoran tanah udah bikin cat berubah. Polisi sering nyangka ini mobil curian. Yaelah Paaaak, kalo maling mau nyolong, dia pasti nyolong mobil yg beneran kaliiii -____-

5. 3 dari 4 cewek yg naik mobil ini bilang, “Starlet kamu lucu ya bentuknya” terutama cewek2 Oon.

6. Pernah mogok di pintu kereta pas lonceng bunyi, akhirnya dibantuin dorong tukang tahu lewatin palang pintu. Maut nyaris ngejemput dgn tersenyum mesra.

7. Lagi asik-asik ngebut 90 km/jam di tol jagorawi, tiba-tiba “Gubrakkk” pandangan blank, ketutupan kap mobil yg kebuka dan nutup kaca depan, karena cantolan kap kendor.

8. Tengah hari bolong, panas neraka, AC mati, pas kalem baru dingin, itupun dingin kipas angin maspion.

9. Kecepatan tertinggi 150 km/bulan. Kadang suka malu kalo dilewatin sepeda ontel.

10. Lampu mobil depan, 8 bulan cuma nyala sebelah. Harus ganti serumah-rumahnya yg harga-nya 750 ribu, gaji guru bahasa inggris di LIA cuma 480.000 sebulan.

11. Tape masih kaset + suara tikus kejepit sepanjang lagu diputer. Pernah selama sebulan kaset Mariah Carey album Music Box nyangkut gak bisa keluar. Alhasil gue jadi hafal semua lagu Mariah di album itu. Boleh di tes judul lagu apa aja, sampe kapan Mariah narik nafas, gue hafal.

12. Sen dinyalain kiri, yang hidup kanan. Gue Sempet disorientasi arah sebulan penuh, bingung bedain kiri dan kanan.

13. Saat AC mati 3 bulan, bingung kalo pas ujan, udah kaca gak bisa rapet, air masuk ke dalam mobil, susah nafas, di mobil panas, embun hawa nafas. Ngap lah pokoknya.

14. Suatu malam pernah pulang ngajar jam 12-an, gue ngantuk dan gak sadar si doel masuk ke trotoar tinggi pembatas lajur cepat dan lajur lambat sejauh 100 m di lenteng agung, jam 4.30 pagi baru dateng mobil derek.

15. Lagi ngajak jalan cewek pujaan hati, kembang kampus, senior diatas gue setahun, anak orang kaya. Mobil mogok di tanjakkan, akhirnya gue dorong dan dia terpaksa kendaliin stir. Malu banget pas bokapnya jemput pake Mercy. Abis itu di kampus gue menghindar terus dari dia. Tengsin soooob!.

16. Si Doel terpaksa pensiun krn sakit keras, harus turun mesin dgn biaya 2,3 juta. Akhirnya di jual aja, laku 3,1 juta, lumayan, alhamduu? Lillaaah.

Diatas itu semua, entah udah berapa kali Si Doel membuat gue terhindar dari copet daripada naik kereta. Entah udah berapa banyak wanita yg gue anterin pulang ke rumahnya ehem, mobil boleh ancur, yg nyetir gak parah2 banget lah🙂 atau mungkin mrk gak enak nolak ya? -___-

Dan gak kehitung berapa kali Si Doel bikin gue gak harus naik angkot malam, dimana gue sering ketiduran dan kelewatan 15 kilometeran.

Yang terpenting diatas segala-galanya adalah, perasaan punya mobil dari yg gak punya mobil itu gak kebeli rasanya.

Terima kasih utk hari-hari yg kita lewati bersama, Bro Doel. Gak ada cerita tanpa derita, gak ada memorih tanpa rasa perih, gak mungkin ada tawa-canda tanpa duka. Bittersweet, brooh!

Tapi satu pertanyaan gue mlm ini, ELO DIMANA SEKARANG DOEL?

Wherever you are, hope you’re in a good handle, man! Take a good care of yourself just as much as you did to me long ago!

Single Post Navigation

6 thoughts on “Pria dan Memori mobil pertama-nya

  1. Shanty on said:

    hehehe… what a memory….. mobil pertamaku dulu honda civic excellent… agak parah juga.. tapi gk separah si doel sih.. wkwkwkwkwk

    • Shanty, hahahaha Si Doel memang Raja-nya Parah. Tapi gue gak bisa sebutin satu satu bagaimana dia membantu hidup gue saat itu🙂 Salam buat Civic Excellent-nya ya. Semog amasih Excellent🙂

  2. Mengharukan
    Jadi semangat!

  3. Mobil istimewa untuk orang yg istimewa

  4. This is hilarious! :’D
    Dulu sempet kerja & kos di daerah Pengadegan. Satu kos ama cewek2 yg kuliah di LIA, mungkin salah satunya murid kamu…😉

Leave a Reply

