Stagustaf

Life's like a multiple choice question, sometimes the choices confuse you, not the question itself

Master of Ceremonies, #PraMC

Hello,

Terakhir kan kita ngobrol tentang fakta-fakta mendasar tentang MC. Sekarang gue mau share sedikit tentang persiapan sebelum naik ke panggung.

Sebenarnya tiap MC punya grip sendiri sih bagaimana dia mempersiapkan diri-nya sebelum tampil, caranya beda-beda, tapi yang terpenting kan hasil-nya sama, to be a better MC.

Nah, sebelumnya skita tentuin dulu deh definisi “Better MC” yg dimau seperti apa, apa sekedar acara selesai, atau sekedar tujuan klien tercapai, atau sebagai MC juga punya kepuasan batin dalam ngelakuin tugas-nya.

Terus terang, dulu gue juga sering merasa gak puas dengan hasil kerja beberapa kali, meskipun klien puas, audiens mengerti maksud acara-nya, tapi kenapa gue masih ngerasa kurang dan bilang ke diri gue “I Could have done this much better”

Normal aja punya pemikiran seperti itu, excellence tidak dibentuk dari satu dua kali pengalaman, tapi ada rasa ketidakpuasan yg konsisten dari setiap pekerjaan kita. Itu yg menjaga selera, standar kualitas dan positioning kita ada dimana.

Sedikit tentang definisi “Master of Ceremony” dari sebuah buku:

The Master of Ceremonies is responsible for ensuring that the program/event runs smoothly, runs on time and that all important people at the event are introduced in a complimentary, professional manner. Being a successful Master of Ceremonies requires, preparation, a friendly manner and ability to adjust to/ad lib as necessary to ensure a successful event

“It is an honor to be asked to be the master of ceremonies at a function. It means that you have a sense of humor, know how to project your voice, and
can handle audiences. It means that you have the gift of being able to “think on your feet” so that you can react quickly in an emergency. (An ’emergency’ arises when the lead entertaining act has not arrived, when the main speaker falls ill and has to be taken home, or when the air-conditioning ceases to function and the microphones don’t work!).”

Letitia Baldrige’s Complete Guide to Executive Manners, Rawson Associates, New York, 1985.

Silahkan tentukan definisi masing-masing tentang menjadi seorang “Pembawa Acara” yg seperti apa yg diinginkan.

Berikut adalah beberapa poin persiapan, silahkan ditambahkan kalo ingin berbagi pengalaman bersama, karena pengalaman lah yg membuat seseorang jadi makmur, bukan kemakmuran itu sendiri.

#PraMC

1. Persiapan kunci besar dari sukses MC. Hrs tau byk ttg audiens, krn semuanya hanya ttg audiens & jalan-nya acara. 

2. Analisa Audiens. Gue selalu buat daftar pertanyaan yg mau ditanyakan, kirim by email ke EO atau list dibawa saat meeting 

3. Kalo udah byk tanya ttg Event & Audiens-nya kita bisa tau apa yg hrs dilakuin & yg hrs dihindari. Juga ngasih ketenangan buat kita 

4. Tiap Audiens punya karakter yg beda, ada yg lively, pendiam, kritis, kaku, gak bekerjasama dsb. Semua itu tantangan 

5. Tanya Brp byk audiens, profil demografis-nya, profesi-nya, gender, usia, apa hot buttons (tabu). Lebih byk tau, lebih mantap!

6. Tahu Hot Buttons (Hal tabu) itu penting, setiap perusahaan/organisasi punya budaya dan value yg berbeda. MC hrs respek itu

7. Tahu hal2 yg bisa buat audiens tertawa/senang itu penting. Supaya MC bisa lebih dekat dgn audiens dan bekerjasama utk sukses acara 

8. Terpenting, MC hrs punya Empati thd audiens. Menjadi bagian dari mereka secara natural, buat mereka nyaman dan mau bekerjasama

9. Riset dan perkaya wawasan ttg acara yg dibawakan via internet, buku, majalah dsb. Jadi MC gak boleh terdengar Dangkal & Kosong.

10. MC hrs BERISI. Tdk ada pihak yg percaya dan menyewa MC yg byk gak tau. Terdengar sok tau lebih baik dibanding gak tau.

11. Alokasi waktu utk riset ttg perusahaan klien. Mrk akan sgt senang bila MC sudah tau byk. Tinggal dibuktikan di panggung

12. Dtg 30 mnt lebih awal utk ngobrol santai dgn 2-3 org audiens itu bantu bgt. Pas tampil, saat yg lain kaku, 2-3 org ini akan ramah 

13. Pertemuan pertama dgn org baru itu tegang. Wajar, krn tdk saling kenal, makanya MC hrs byk riset & kenalan di awal lebih agresif 

14. Kalo baru mulai MC, tulis aja semua kata yg mau diucapkan selengkap2nya di selembar kertas/print. Lalu mulailah baca & edit. 

15. Siapin 4-5 Jokes yg nyambung dgn acara, utk runtuhin tembok kekakuan sambil bikin suasana yg tegang jadi sedikit tanpa tekanan.

Segitu dulu 15 sharing points utk fase #PraMC ,msh byk lagi ke depan-nya, ada pertanyaan seputar persiapan ?

Selamat melakukan persiapan!

Steny Agustaf

Single Post Navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: