Stagustaf

Life's like a multiple choice question, sometimes the choices confuse you, not the question itself

Master of Ceremony, Facts.

microphone

Setiap orang punya profesi. Banyak yg udah ngejalanin profesi-nya itu bertahun-tahun, belasan bahkan puluhan tahun. Wajar aja sih kalo ngerasa bosen. Setiap hari jalanin hal yg sama, mulai yg sama, akhir yg sama, bahkan hasil yg sama kali ya.

Tapi pernah kebayang gak, sesungguhnya profesi yg mungkin bikin lo bosen itu adalah profesi yg jadi idaman banyak orang dan mereka lagi berjuang untuk jadi salah satu diantara orang-orang di Industri itu. Tiap hari mereka melihat profesi itu sebagai profesi idaman dan hebatnya mereka punya fighting spirit yg besar untuk mendapatkan pengakuan untuk bisa berada di industri itu.

Menurut gue salah satu cara utk menghilangkan kebosanan dalam jalanin profesi lo adalah dengan cara berbagi pengalaman.

Dengan berbagi pengalaman lo akan lebih apresiatif terhadap apa yg udah lo jalani selama ini. Ngelihat orang yg tiap hari ngiler jadi lo, pengen jalanin kerjaan seperti lo, mau dapetin standar hidup spt lo dan yg terpenting mau dapet pengalaman profesi spt yg udah lo dapetin.

In Suit

Salah satu profesi itu adalah Master of Ceremony (MC)

Gue ingin sharing apa yg menurut gue matter dalam menjadi seorang  MC. Sesungguhnya yg lebih dari gue adalah cuma sedikit pengalaman dan usia aja dari temen2 yg ingin menjadi MC.

Mereka akan jadi MC yg hebat, MC yg berkualitas dengan cara dan selera dan  kualitas mereka sendiri.

Izinkan gue utk share sedikit pengalaman jadi MC, gak ada maksud menggurui, cuma ingin berbagi & memotivasi. Mulai dari #FaktaMCdulu ya!

1. MC, Master of Ceremony, namanya juga Master, hrs menguasai total acara yg dibawakan-nya, lebih dari org lain #FaktaMC
Expand

2. MC itu kapten acara, dia tau strategi yg terbaik, naklukkin crowd, bawa acara tsb jadi sukses sesuai harapan #FaktaMC

3. MC profesi yg menjanjikan, secanggihnya2 teknologi, perubahan2 plan saat event blm bisa dihandle teknologi. MC selalu dibutuhkan#FaktaMC

4. MC itu never-ending learning. Hrs Selalu merasa kosong hingga akan belajar semua hal baru sesuai dgn acara yg dibawakan.#FaktaMC

5. MC itu byk tau. Selalu eksplorasi, riset, browse, byk tanya, belajar hal baru setiap saat, kalo gak suka hal2 tsb, susah jadi MC#FaktaMC

6. MC itu perpanjangan tgn dari perusahaan/klien. Harus paham objective d& tingkat keberhasilan/sukses (KPI) sebuah acara.#FaktaMC

MC Galaxy Note2

7. MC itu refleksi dari acara tsb. Acara elegant dibawakan oleh MC yg elegant. Bentuklah karakter, personal branding & image yg pas#FaktaMC

8. MC itu cabang dari Public Speaking. Gak ada ilmu yg baku selain, bergaul, sosialisasi, tampil di muka umum, being a bit dominant#FaktaMC

9. MC itu selalu eager/antusias utk tampil dlm tiap kesempatan. Nyanyi di muka umum, orasi, mimpin arisan, Banci Tampil lah.#FaktaMC

10. MC tdk bicara panjang. Org punya attention-span yg kecil, Makin lama makin gak didengerin. MC bicara “Impactful words” #FaktaMC

11. MC itu karakter. Sikap, penampilan, interest, gaya penyampaian kita nentuin acara yg akan dibawain. Silahkan jadi diri sendiri#FaktaMC

12. MC hrs kuasai bahasa verbal & non-verbal (Omongan & Gerakkan tubuh). Dua-duanya kirim pesan kita secara efektif. Learn acting! #FaktaMC

13. MC hrs bisa atasi gugup & percaya diri. Bgmn org yakin akan acara kalo MC-nya gak terlihat meyakinkan. Kunci-nya Persiapan 3X#FaktaMC

14. MC hrs keren tampilan luar. You feel good when you look good. Sumber pede ke-2 setelah persiapan. Dari situ juga ketidakpedean#FaktaMC

15. MC itu Salesman. Pantang nyerah, Jago pereus2, Gak sakit hati direspon tdk baik, bantu perusahaan capai tujuan spy berhasil#FaktaMC d

Tentang Percaya Diri
Percaya diri bkn sebuah Talenta khusus yang dimiliki oleh Public Speaker. Percaya diri itu reward dari persiapan matang. #MC

Percaya diri spt mengasah pisau, makin diasah makin tajam, makin yakin utk melakukan. Org yg percaya diri itu hasil asahan. #MC

Dale Carnegie ttg “Percaya Diri” :

1. Mulailah dgn keinginan yg menggebu2.

2. Kuasai Topik

3. Latihan (3x sebut) #MC

Semoga bermanfaat dan memotivasi!

Single Post Navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 108,433 other followers

%d bloggers like this: